Rabu, 16 Januari 2013

Resensi


Nama : Febri Putri Ari Kinanti
Kelas  : IX-8 / 17
KD 4.2 Menulis Resensi Buku


Judul         :    Bahasa Indonesia untuk SMP/Mts Kelas IX
Penulis      :    Atikah Anindyarini, Yuwono, Suhartanto
Penerbit    :    Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan
                       Nasional
Cetakan    :    2008
Tebal         :    viii, 194 Halaman


Bahasa memiliki peran penting dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional. Oleh karena itu, Departemen Pendidikan Sosial menerbitkan beberapa buku Bahasa Indonesia. Khususnya Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas IX. Cakupan materi dalam buku ini telah disesuaikan dengan kurikulum terbaru yang dapat diterapkan untuk siswa kelas IX SMP/MTs.

            Dalam buku ini terdapat berbagai teori dan contoh soal yang dipelajari di kelas IX SMP/MTs diantaranya mengomentari pendapat narasumber dalam kalimat interaktif, musikalisasi puisi, menganalisis unsur syair, meresensi sebuah buku pengetahuan, menyunting karangan, berpidato, menulis karya ilmiah dan lain-lain. Dalam buku ini terdapat pula peta konsep, latihan-latihan soal, rangkuman materi, Uji Kompetensi I dan II, glosarium, daftar pustaka, dan indeks.

            Selain itu dalam buku ini terdapat komponen pendukung yang terdiri dari tugas-tugas, rehat sejenak, dan jeda info sehinnga membuat siswa berwawasan luas. Buku ini disajikan sederhana, serta menyajikan topik yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami.

            Teori dalam buku ini disusun dengan rapi. Meskipun tidak semua dijabarkan secara langsung. Isi buku ini sudah lengkap, disertai dengan ilustrasi, foto, dan contoh-contoh yang membuat siswa lebih mudah mengerti. Bab-bab buku ini juga sudah disusun secara sistematis. Namun, berbagai foto dalam buku ini tidak dicetak dengan berbagai warna dan warna isi buku hanya hitam, biru dan putih, sehingga kurang mengundang minat untuk membacanya.

            Sebagai seorang siswa kelas IX, buku ini merupakan komponen utama untuk mencapai prestasi yang gemilang karena informasi-informasi yang tercantum dapat menambah wawasan siswa. Dengan membaca buku ini, siswa akan lebih memahami sastra Indonesia dan diharapkan dapat mengapresiasikannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Ged a Widget